Cara Jualan Online Untuk Pemula agar Cepat Laku dan Banjir Order

Cara Jualan Online Untuk Pemula agar Cepat Laku dan Banjir Order

Cara Jualan Online Untuk Pemula agar Cepat Laku dan Banjir Order. Jualan melalui online menjadi salah satu alternatif usaha yang mudah dilakukan. Karena dapat dimulai dengan modal yang kecil atau bahkan ada yang nyaris tanpa modal. Dengan potensi omset yang besar sekali.

Oleh karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membangun bisnis online sendiri. Ada yang memulainya sebagai usaha sampingan dan ada pula yang mengerjakan dengan serius alias full time.

Bisnis online menjadi suatu keniscayaan bagi para pemilik bisnis atau calon pebisnis. Karena jika tidak hadir di dunia internet menjadi bisnis online, maka secara perlahan tapi pasti bisnis secara offline atau konvensiaonal akan musnah.

Cara Jualan Online Untuk Pemula agar Cepat Laku dan Banjir Order

Berikut ini, adalah beberapa tips untuk Anda, Cara Jualan Online agar Cepat Laku dan Banjir Order :

1. Tentukan Produk Anda dan Niche Marketnya

Langkah pertama yang penting diperhatikan adalah menentukan produk apa yang akan dijual dan niche market seperti apa yang akan ditawarkan.
Jika Anda sudah mempunyai produk sendiri, maka langkah berikutnya adalah menentukan target calon konsumen. Hal mendasar yang perlu diketahui adalah bahwa setiap produk itu pasti mempunyai konsumen masing-masing.

Sedangkan bagi Anda yang belum mempunyai produk sendiri untuk dijual, dapat melakukan riset produk yang laku di internet. Cara yang lebih mudah adalah dengan melihat tren yang terjadi di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, Lazada dll. Anda dapat masuk bagian produk yang best seller (hot produk) yaitu produk yang banyak dicari atau laku di internet. Anda bisa memilih produk sesuai minat Anda.
Dalam dunia jual beli online ada 3 jenis barang dagangan yang dapat Anda tawarkan, yaitu : Barang Fisik (ada barangnya seperti kosmetik, elektronik dll) ; Barang Digital (misalnya ebook, software dll) ; Jasa (misalnya jasa pembuatan website, jasa pengurusan perijinan dll)

2. Menentukan Media Pemasaran

Ada banyak cara melakukan pemasaran melalui internet , bisa melalui media sosial (seperti instagram ,youtube, wa, facebook dll), membuat toko online sendiri atau website sendiri, atau bisa juga melalui market place seperti bukalapak, tokopedia, Lazada dll.
Tugas Anda adalah mendatang traffic atau calon pembeli ke tempat jualan online Anda, bisa dilakukan secara GRATIS atau cara BERBAYAR.

Cara GRATIS
Biasanya dilakukan oleh para pemula. Ada banyak cara berpromosi secara gratis misalnya jualan di marketplace seperti bukalapak, lazada dll, melalui media sosial seperti instagram, facebook , yotutube dll. Meskipun dengan cara gratis melalui media sosial instagram misalnya, dengan tehnik yang tepat akan mendatangkan omset yang besar sekali. Yang jelas Anda harus mempelajari ilmunya, bisa belajar otodidak, melalui video tutorial.

Cara BERBAYAR
Biasa dilakukan dengan cara memasang iklan. ADa banyak media iklan yang tersedia, namun yang umum dipakai ada;ah facebook Ads, Google Adwords, Instagram Ads dll. Metode beriklan sangat efektif, karena kita bisa menentukan target dengan kriteia yang diinginkan dan hanya kepada calon-calon pelanggan yang cocok. MIsalnya targetnya adalah wanita, usia 25 s.d. 35 tahun, sudah menikah, menyukai fashion xxx dll.
DEngan beriklan maka biaya yang dikeluarkan menjadi jelas dan akan menghasilkan penjualan lebih cepat. Namun tetap saja ada ilmu yang harus dikuasai. Jadi tetaplah untuk selalu belajar dan berpikiran terbuka.

3. Copywriting Yang Tepat

Copywrting adalah bagaimana melakukan penulisan iklan yang baik. Sehingga ketika konsumen atau prospek membaca penawaran, mereka menjadi tertarik dan mau membeli produk Anda, bahkan jika produk Anda dijual dengan harga yang tinggi.
Caranya :
Buatlah headline yang menarik dan membuat penasaran
Gunakan kata-kata persuasif yang menjelaskan setiap detail dari kelebihan produk Anda.
Tulis artikel iklan seperti orang bercerita, jangan menulis seperti orang yang sedangn melakukan promosi.
Jangan lupa tinggalkan contact person yang dapat dihubungi atau tombol untuk melakukan action, misalnya : Buy Now. Agar pembeli Anda tidak kebingungan untuk menghubingi Anda.

4. Berikan Pelayanan Pelanggan Yang Baik

Pembeli itu merupakan aset . Tentu Anda ingin jika pembeli tadi akan kembali berbelanja atau menjadi pelaggan Anda bukan. Untuk itu maka perlu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya agar pelanggan merasa terpuaskan dengan pelayanan Anda. Kepuasan pelanggan bisa menjadi nilai tambah bisnis Anda, karena biasanya pelanggan yang “dipuaskan” akan melakukan promosi gratis dengan memberitahukan teman dan kenalan untuk berbelanja di tempat Anda.

5. Berikan After Sales Service

Langkah berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan after sales service. Langkah ini untuk menjamin kepuasan pelanggan setelah melakukan pembelian. Misalnya dapat berupa pertanyaan tentang opini pelanggan terhadap produk Anda, Memberikan Garansi, Memberikan refund, atau memberikan informasi terupdate tentang produk bisnis Anda.

Jika Anda sudah menguasai hal tersebut di atas, maka jangan kaget jika kemudian jualan online atau bisnis online Anda akan meledak omsetnya.

Demikian sekilas info, semoga bermanfaat.

Cara Jualan Online Untuk Pemula agar Cepat Laku dan Banjir Order

BACA JUGA : Tips Belajar Gratis Internet Marketing untuk pemula karyawan ibu rumah tangga

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *