5 Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Marketing

Media Sosial Untuk Marketing

Media Sosial Untuk Marketing

Media Sosial Untuk Marketing. Menurut Wikipedia, Media sosial (sering disalah tuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blogjejaring sosial dalam dunia virtual.

Media sosial menjadi media untuk bersosialisasi yang dilakukan secara online. Sehingga memungkinkan untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, tanpa dibatasi ruang dan waktu.  

Hampir setiap orang menggunakan media sosial di saat ini. Ada banyak platform media sosial yang banyak digunakan, diantaranya Twitter, Facebook, Youtube dan Instagram. Dalam perkembangannya media sosial untuk keperluan bisnis.

Kehadiran media sosial ini penting untuk meningkatkan pengunjung ke website bisnis online Anda. Di mana website Anda berfungsi sebagai media bisnis online dan media sosial berfungsi sebagai kanal marketing.

Sosial media bisa menjadi alat untuk membantu Anda mempromosikan produk atau mendatangkan pengunjung ke website.

Berikut ini , 5 Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Marketing :

1] Buat Postingan menarik

Cara terbaik untuk mendapat perhatian pelanggan dan melakukan interaksi dengan pengguna adalah dengan membuat konten pstingan yang menarik. Karena setiap harinya ada begitu banyak postingan yang muncul di beranda. Tantangannya adalah membuat postingan yang menarik perhatian orang yang melihatnya. Sehingga bisa bersaing dengan ribuan postingan orang lain dalam mendapatkan perhatian.

2] Story telling

Story telling merupakan cara untuk menyampaikan suatu pesan dalam bentuk cerita pada para pembaca. Bentuk pesan yang disampaikan dapat dalam bentuk kata-kata, gambar,  foto, dan suara.

Membangun campaign sosial media dengan story telling membantu Anda terlihat berbeda dengan kompetitor yang lain, dan dapat merebut perhatian konsumen.

3] Personal branding

Personal branding dapat diartikan sebagai sebuah cara memasarkan diri sendiri atau imej secara individu. Sosial Media bermanfaat untuk menunjukan siapa diri Anda kepada publik. Dan sangat tepat serta mempermudah melakukan personal branding. 

Keuntungan dari personal branding adalah Anda bisa mudah menjual produk apapun. Dan tidak bergantung dengan popularitas nama merk produk.

4] Tarik audiens ke database

Media sosial merupakan kumpulan banyak orang dengan identitas yang terukur. Di era digital sangat penting sekali untuk mengumpulkan oarng orang yang terhubung dengan Media Sosial Anda ke dalam suatu database. Misalnya dengan menggunakan email list.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya sign up form dari Talkfusion, maupun dengan emeal marketing.

Dengan mempunyai data base maka Anda seperti mempunyai kolam sendiri. Karean data tersebut berada dalam kendali anda. Anda bisa mneghubungi daftar kontak Anda, emmberikan informasi ataupun melakukan penawaran.

5] Konten Viral

Konten viral merupakan konten yang isinya mampu memancing pembaca untuk membagikan konten tersebut ke teman-temannya. Melalui media sosial atau blog, bahkan Privat Message.

Konten viral itu tidak terjadi karena sebuah kebetulan tapi ada formula atau rumusnya. Salah satu caranya, Anda bisa amati apa kesamaan dari postingan orang lain yang terbukti viral. 

Jika Anda mendapatkan formulanya maka Anda bisa dengan mudah membuat postingan viral yang akan menjangkau lebih banyak orang.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

BACA JUGA :
SB1M Sekolah Bisnis 1 Milyar Di Jakarta

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *